globalnin

bluehost india coupon code

godaddy india coupon

pizzahut offers

SKI Setelah Puluhan Tahun Pelihara Buaya Kini Telah Dievakuasi

Cilegon—inionline.id–Tiga ekor buaya muara yang dipelihara selama puluhan tahun oleh pemi­liknya di areal rumah makan Sari Kuring Indah (SKI) Cilegon akhirnya dievakuasi oleh bela­san personel dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Barat, setelah sebelumnya diserahkan ke Pol­da Banten, Senin (28/5).

Fredy Indardi selaku pemilik mengungkapkan, semula bina­tang buas yang ia peroleh dari sebuah tempat penangkaran itu berjumlah empat ekor. Na­mun salah satu di antaranya mati pada beberapa waktu si­lam. “Saya ngga tahun persisnya dipelihara, ya sekitar tahun 95 atau 96-an lah dari tempat pen­angkaran di Cikande. Dulu un­tuk memeliharanya, kita dikena­kan biaya Rp750 untuk permeter ukuran buaya,” ujarnya.

Kendati sudah lama memeli­haranya, namun Fredi mengaku tidak tahu persis jenis maupun kelamin dari setiap hewan reptil yang rata-rata berukuran lebih dari tiga meter tersebut. Tiga ekor buaya itu tampak sehat dengan mengkonsumsi rutin limbah yang berasal dari rumah makan tersebut. “Dulu ada izin satwa yang dilindungi, sebe­lum aturannya diubah menjadi penangkaran, semua kita ikuti, dan izin kita ikuti. Tapi perkem­bangannya sekarang, persyara­tannya (izin) itu lebih banyak. Makanya kita serahkan saja,” katanya.

Berdasarkan pantauan, pawang dan belasan personel dari BBKSDA cukup kesulitan untuk melakukan evakuasi ter­utama buaya terakhir, yakni buaya yang paling besar. Petu­gas bahkan merusak dinding se­men pada kandang buaya untuk memudahkan proses evakuasi termasuk saat akan menaikkan buaya ke bak truk.

“Awalnya memang pihak Sari Kuring menyerahkannya ke Pol­da, lalu Polda menyerahkan ke BBKSDA, dan rencananya akan kita titiprawatkan ke PT Murui di Jiput, Pandeglang yang akan merawatnya. Buaya yang paling besar itu usianya lebih kurang 20 tahun, dua ekor lainnya sekitar 8 tahun,” ujar Kasie Konservasi Wilayah I Serang BBKSDA Jawa Barat, Andre Ginson. (bnn/red))

 

Comments

comments

Check Also

Pemprov Banten Targetkan 10, 47 Triliun Rupiah Pada APBDP 2018

Serang—inionlien.id—Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten menargetkan pendapatan daerah pada 2018 sebesar Rp10,47 triliun, yang tercantum pada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *